Takut akan kegelapan umunya dialami saat berusia anak-anak yaitu usia 2 sampai 8 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan anak yang sudah remaja dan orang dewasa juga dapat mengalaminya.

Untuk saat ini, penyebab munculnya fobia gelap belum dapat dipastikan secara akurat. Tapi, beberapa studi yang dilakukan para ahli menjelaskan jika orang dengan fobia kegelapan mungkin pernah mengalami kejadian di tempat yang gelap yang membuat trauma mendalam, karena itulah dia merasakan rasa takut yang luar biasa ketika berada di tempat gelap.

Takut gelap bisa membuat penderitanya mengalami sejumlah hal-hal sebagai berikut:

  • Takut keluar rumah pada malam hari
  • Cemas berlebih, panik, dan gugup ketika berada di tempat gelap
  • Cuma bisa tidur jika kondisi ruangan yang terang
  • Cenderung menghindar atau menghindari tempat yang gelap

5 Cara Mengatasi Takut Gelap

Berikut Cara Mengatasi takut gelap:

1.Dahulukan logika.

Pada umumnya rasa takut itu tidak logis, dan secara menurut ahli itu merupakan reaksi emosional. Berfikir dengan logika dalam masalah emosional terdengar berlawanan, namun sebenarnya tidak. Seperti Anda sedang rtp slot beristirahat di tempat tidur, lalu kebelet mau ke kamar mandi, tapi takut keluar karena berfikir terdapat banyangan gelap di luar kamar. Disarankan secepatnya nyalakan lampu ruang yang gelap dan periksa baik-baik apa sebenarnya bayangan itu.

2.Konseling

Jika Anda sudah merasa tidak bisa menangani trauma Anda dengan sendiri, jangan malu untuk datang ke psikolog untuk melakukan konseling. Melakukan konseling dengan orang yang tepat dan terpercaya bisa sangat membantu Anda merapihkan kembali pikiran dan menguatkan mental Anda untuk menghadapi ketakutan yang dimiliki.

3.Teknik Pernapasan

Cobalah untuk berlatih teknik pernapasan atau relaksasi. Teknik pernapasan ini bisa menolong Anda menenangkan pikiran. Diakrenakan, teknik ini dapat melambatkan detak jantung, dan menjaga kestabilan tekanan darah. Oleh karena itu, ketakutan dan tekanan yang Anda hadapi akan berkurang.

4.Memikirkan hal yang Menyenangkan

Ketika sedang berada di tempat gelap, tidak salah untuk mencoba berpikir tentang hal yang bisa membuat Anda merasa senang. Misalnya, hewan peliharaan kesayangan atau orang yang sangat Anda sayangi. Berpikir tentang hal tersebut dapat membantu Anda mengalahkan rasa saat berada di tempat gelap.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.