Cara Mengatasi Penyakit Fobia

Pengertian Fobia

Fobia merupakan penyakit perasaan yang takut berlebihan dirasakan seorang terhadap situasi atau obejek tertentu. Karena ketakutan berlebihan ini tidak jarang menyebabkan anda depresi, kecemasan, atau kepanikan yang parah. Sehingga kebanyakan pengidap fobia tahu bahwa ketakutannya yang tidak beralasan, akan tapi tidak bisa mengendalikannya atau lebih memilih menghindari objek dan situasi yang ditakuti. Maka untuk kondisi inilah yang membedakan fobia dengan ketakutan biasa.

Hadapi fobia Anda Secara Perlahan-lahan

Untuk anda lakukan berulang-ulang hal tersebut maka nanti akan membuat anda sadar bahwa ketakutan yang anda pikirkan atau alami selama ini tidak akan terjadi. Karena anda akan merasa lebih percaya diri dan terkendali, sehingga fobia yang anda miliki mulai kehilangan kekuatannya. Ketika semakin lama anda mengeksposkan diri anda pada hal yang membuat anda takutkan, semakin lama anda akan terbiasa dengan hal seperti itu maka jadikan mainan online anda untuk menjadi sukses slot terbaru.

Fobia spesifik

Fobia spesifik merupakan fobia terhadap objek, hewan, situasi, atau aktivitas yang spesifik. Maka fobia ini biasanya muncul pada masa anak-anak atau remaja. Seperti fobia spesifik ialah fobia ruang tertutup (claustrophobia), fobia ketinggian, fobia pergi ke dokter gigi, fobia laba-laba (arachnophobia), atau fobia darah.

Fobia Kompleks

Fobia seperti jenis ini biasanya berkembang di masa dewasa. Dengan salah satu contoh fobia kompleks merupakan fobia sosial. Banyak orang yang mengidap fobia ini akan merasa cemas ketika berada di lingkungan sosial. Jika pengidap fobia sosial takut dipermalukan orang lain atau mempermalukan dirinya sendiri. Karena hal ini akan sangat mengganggu keseharian pengidapnya, sehingga yang berdampak negatif dalam dunia bisnis, pekerjaan, relasi, maupun terhambatnya pengembangan diri.

Pengobatan Fobia

Selanjutnya, Pengobatan fobia bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup sekaligus membantu pasien untuk dapat mengendalikan pikiran, perasaan, atau reaksinya terhadap situasi dan kondisi yang bisa memicu fobia.

Gejala Fobia

Sedangkan, Fobia ini tak hanya ditandai dengan gejala psikis seperti rasa takut saja, Oleh sebab fobia juga bisa menyebabkan pengaruh pada kondisi fisik.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.