Bagian tubuh yaitu lidah punya peran penting dalam keseharian kita untuk makan, menelan, hingga berbicara. Faktanya, apapun makanan yang Anda coba telan, tidak akan bisa masuk sampai ke tenggorokan tanpa adanya bantuan lidah. Karena dengan indra perasa dapat merangsang sebuah senyawa di dalam mulut untuk di sampaikan kepada otak sebagai mana dari makanan yang di makan atau di kunyah.

Lidah merupakan indera pengecap yang memiliki banyak fungsi penting, seperti untuk proses makan, berbicara, dan menelan. Makanan tidak akan sama tanpa peran lidah. Namun, tahukan Anda bahwa masih banyak fakta lain yang banyak tak diketahui tentang lidah. Peran tersebut menjadi sebuah faktor yang sangat penting bagi tubuh, kita jadi bisa merasakan bagaimana rasa yang di terima. Apakah makanan tersebut layak untuk di makan atau tidak nya di rasakan pertama oleh lidah.

Tak hanya itu, lidah juga bisa digunakan untuk mendeteksi kondisi kesehatan seseorang. Warna, penampakan dan juga bentu lidah diyakini bisa mencerminkan apa yang terjadi di dalam tubuh. Maka dari itu kita harus memainkan daftar slot gacor dan mengatur pola makan dan kesehatan tubuh jika memiliki warna lidah yang agak tidak normal pad aumunya. Termasuk misalnya kekurangan berbagai vitamin dan mineral. Sebagai salah satu bagian dari panca indera manusia, ternyata masih banyak hal unik terkait lidah manuasia yang belum banyak diketahui.

Berikut Faktanya, jenis makanan apapun tidak akan bisa masuk ke tenggorokan tanpa bantuan dari lidah. Ada banyak fakta lain yang sudah kami rangkum untuk menambah wawasan anda berikut penjelasan nya :

1. Memiliki 2.000-4.000 perasa

Rata-rata lidah orang dewasa memiliki total antara 2.000 hingga 4.000 perasa. Sebab, sel-sel sensorik di indera pengecap memperbarui diri setiap minggu.

2. Anda tak merasakan rasa yang berbeda di area berbeda

Anda pasti pernah belajar soal peta rasa lidah. Di area berbeda, rasanya juga berbeda. Namun faktanya, Anda bisa merasakan manis, asam, asim, pahit di semua area lidah.

3. Panjang lidah rata-rata 8,5 cm

Bagi Anda yang suka mengukur-ukur panjang lidah, tahukah Anda kalau lidah itu diukur dari lipatan tulang rawan (epiglotis) pada ujung lidah bagian dalam? Ya, dari pangkal tenggorokan hingga ujung lidah itulah panjang lidah diukur.

Panjang lidah rata-rata pria dewasa adalah 3,3 inci (8,5 cm), dan panjang lidah wanita dewasa rata-rata adalah 3,1 inci (7,9 cm).

4. Lidah bisa mengidentifikasi kondisi kesehatan

Lidah sebenarnya dapat memberikan petunjuk tentang kesehatan Anda secara keseluruhan. Lidah merah cerah mungkin merupakan tanda kekurangan asam folat atau B12, demam berdarah, atau penyakit Kawasaki (kondisi serius yang terlihat pada anak-anak).

Bintik-bintik putih atau lapisan putih pada lidah dapat mengindikasikan sariawan (sejenis infeksi jamur), atau leukoplakia (yang dapat menjadi pendahulu kanker).

Lidah hitam berbulu bisa menjadi tanda pertumbuhan bakteri yang berlebihan, dan juga bisa terjadi pada penderita diabetes atau mereka yang menggunakan antibiotik atau kemoterapi.

5. Waspada lidah Gemuk

Berdasar studi dari University of Pennsylvania, peneliti menemukan bahwa lidah orang obesitas erat kaitannya dengan risiko mengalami sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur). Lidah mereka dinilai lebih besar dan memiliki banyak lemak

 

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.