Tidsoptimist , Kondisi Yang Membuat Seseorang Sering Terlambat

Tidsoptimist

Tidsoptimist adalah kondisi psikologi yang membuat seseorang merasa yakin dan optimis bahwa ia memiliki banyak waktu. Karena merasa memiliki banyak waktu , mereka akhirnya sering terlambat menghadiri suatu acara atau kegiatan. Padahal waktu yang merek miliki tidaklah sebanyak itu.

Orang yang selalu terlambat bukan berarti mereka adalah orang yang malas. Sebaliknya , sifat tidsoptimist ini malah sering hadir pada orang-orang yang sangat aktif dan terlalu bersemangat untuk terus melakukan sesuatu.

Setiap ada kesempatan untuk bekerja , ia akan langsung mengambil pekerjaan tersebut. Atau bisa juga ketika teman atau orang lain sedang meminta bantuan , ia tidak ragu ragu untuk setuju dan menolong mereka. Hal seperti ini dapat terjadi karena orang dengan sifat tidsoptimist merasa jika dirinya memiliki banyak waktu. Selain itu mereka juga optimis jika mereka bisa menyelesaikan pekerjaan apapun tepat waktu.

Nyatanya , tidsoptimis sering membuat seseorang salah memperkirakan waktu yang mereka punya. Alhasil , mereka sering mengalami terlambat dan tidak bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline.

Penyebab Tidsoptimist

Tidak Memperkirakan Waktu

Penyebab utama tidsoptimist adalah kurang cermat dalam memperkirakan waktu, baik waktu yang dipunya maupun lamanya waktu dari suatu pekerjaan.

Semisalnya , seorang mahasiswa diberikan tugas oleh dosen yang harus dikerjakan di malam hari. Mahasiswa ini mengira bahwa tugas tersebut dapat diselesaikan dalam waktu singkat sehingga ia memilih mengerjakannya di esok hari.

Nyatanya mahasiswa ini membutuh waktu yang banyak untuk mengerjakan tugas tersebut sehingga membuat dirinya terlambat masuk kuliah.

Sulit Berkata Tidak

Tidak selamanya kalian bisa menghandle pekerjaan orang lain. Kadang kalian harus memikirkan diri sendiri juga agar tidak membebani diri kalian di masa mendatang. Kalian bukanlah manusia super yang bisa melakukan semua pekerjaan dalam waktu singkat.

Maka dari itu , belajarlah untuk berkata tidak dan menolak permintaan dari orang lain. Hal ini unutk menjaga kalian agar tetap berada di jalur yang telah kalian buat.

Baru Bergerak Ketika Terdesak

Sebagian orang ada yang memang memilih untuk terlambat. Biasanya orang seperti ini baru akan bergerak mengerjakan sesuatu ketika sudah terdesak atau waktunya sudah mepet.

Cara Atasi Tidsoptimist

Buat Perencaan Waktu

Mulailah membuat perencaan waktu yang baik dengan menentukan kegiatan apa saja yang menjadi prioritas kalian. Jangna lupa tetapkan tenggat waktu atau Daftar Slot Online kapan suatu pekerjaan harus diselesaikan. Bahkan kalau perlu kalian bisa membuat mini jurnal kegiatan dengan perencanaan waktu yang detail.

Jadikan Waktu Sebagai Prioritas

Cara selanjutnya untuk mengatasi tidsoptimist adalah menjadikan waktu sebagai prioritas. Artinya , kalian harus paham mengenai konsekuensi yang akan kalian terima jika kalian terlambat mengerjakan sesuatu. ingat juga berapa banyak kerugian yang dapat terjadi ketika kalian menganggapnya bisa diselesaikan dnegan santai.

Sadar Akan Pentingnya Kegiatan Yang Dikerjakan

Sadari kegiatan yang dilakukan memiliki dampak yang baik untuk diri sendiri. Dengan menyadari itu , seseorang bisa memprioritaskan kegiatan tersebut dan mengerjakannya dengan bersungguh sungguh. Pikirkan reward yang akan didapatkan ketika berhasil mengerjakan kegiatan tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *